5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka yang ada dikulit menjadi salah satu masalah baru setelah proses penyembuhan luka itu sendiri. Bekas luka tersebut kadang susah dihilangkan walaupun sudah menggunakan beberapa produk atau salep tertentu. Hal ini tentu saja bisa mengganggu penampilan kita. Apalagi jika bekas luka tersebut berada didaerah badan kita yang terlihat langsung seperti di tangan ataupun kaki. Jika sudah begitu, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan luka tersebut adalah dengan cara alami.

sumber gambar: spirit.web.id

5 cara alami menghilangkan bekas luka


  1. Madu - Madu dari dahulu sudah dikenal sebagai salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah untuk menghilangkan bekas luka. Madu bisa merangsang dan membantu regenerasi sel baru pada kulit yang terluka. Madu yang berkhasiat adalah madu alami yang belum dicampur apapaun. Cara untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan mengoleskan madu tersebut pada luka lalu diamkan selama 30 menit untuk kemudian dibilas menggunakan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin sampai bekas lukanya hilang.
  2. Teh hijau - Teh hijau mengandung anti oksidan yang berfungsi untuk mengurangi peradangan kulit maupun untuk mengurangi jumlah minyak yang ada pada kulit serta menghilangkan bekas luka terutama yang ditimbulkan oleh jerawat. Caranya adalah dengan menyiapkan handuk atau kapas lalu basahi dengan teh hijau yang sudah diseduh. Kemudian usapkan handuk basah tersebut keseluruh muka. 
  3. Lidah buaya - Selain bisa digunakan untuk menyuburkan rambut. Lidah buaya juga bisa dijadikan untuk bahan alami perawatan kulit. Lidah buaya mengandung lignin dan asam amino yang bisa membuat kulit lembut dan membantu regenerasi sel baru pada kulit yang rusak. Cara penggunaanya adalah dengan cara mengoles lendir dari lidah buaya pada kulit yang luka. Lakukan cara tersebut secara rutin.
  4. Daun pare - Buah yang mempunyai rasa pahit ini ternyata bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, daun pare pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya adalah dengan cara menghaluskan daun pare yang sudah dicuci bersih lalu dicampur dengan air hangat dan kemudian diperas. Campurkan air perasan daun pare tersebut dengan beberapa sendok tepung beras sampai menjadi seperti lotion. Setelah itu oleskan campuran bahan tersebut pada kulit yang ada bekas lukanya.
  5. Daun mint- Daun yang biasanya digunakan sebagai bahan campuran minuman ini juga ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Cara yang bisa dilakukan sama dengan penggunaan daun pare.
Semoga bermanfaat.

Comments