5 Tips Efektif Meredakan Stress di Tempat Kerja



Stress menjadi salah satu gejala yang paling banyak dialami oleh banyak orang beberapa waktu belakangan ini, terutama oleh tipe orang yang pekerja keras. Stress tidak hanya ditimbulkan oleh masalah di rumah dengan keluarga atau lingkungan saja, tapi stress juga bisa ditimbulkan oleh beban pekerjaan yang semakin banyak dan belum bisa ditangani atau tidak sesuai dengan harapan.

sumber gambar: www.personneltoday.com


Stress tidak akan mungkin bisa dihilangkan secara keseluruhan, namun kita tetap bisa meminimalisirnya.



5 tips efektif meredakan stress di tempat kerja

1. Ketahui gejalanya
Mencari tahu gejala stress adalah hal pertama yang paling efektif untuk meringankan stress. Beberapa tanda-tanda atau gejala stress yang banyak dialami oleh orang antara lain cemas, mudah terpancing emosinta, gampang pesimis, serta kemampuan kognitif yang turun dan kehilangan fokus.

2. Jangan bawa pekerjaan ke rumah
Jangan sampai membawa pekerjaan yang belum selesai ke rumah. Karena pada saat dirumah adalah waktunya untuk beristirahat atau waktu yang bisa dihabiskan bersama keluarga, bukan masalah pekerjaan. Kita bisa sejenak melupakan pekerjaan dirumah sambil mengistirahatkan otak dan pikiran.

3. Cukup istirahat
Hargai diri kita dengan beristirahat. Jangan terlalu memaksakan tubuh kita untuk bekerja terus menerus. Tubuh kita juga punya hak untuk beristirahat agar bisa kembali meningkatkan produktivitas. Jam tidur yang kurang juga bisa berpengaruh terhadap tingkat stress. Usahakan untuk tidur dengan cukup setiap harinya agar tidak menurunkan kemampuan fokus kita.

4. Musik
Menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh beberapa ahli, musik dapat mengurangi tingkat stress seseorang dalam bekerja. Jika memungkinkan, kita bisa mendengarkan musik sambil bekerja. Pilih musik sesuai dengan yang kita sukai.

5. Liburan
Jika kita merasa beban pekerjaan sudah tidak bisa ditampung lagi oleh otak, maka segeralah untuk mengambil cuti dan pergi liburan sebelum diserang stress. Dengan berlibur untuk sementara waktu kita bisa mengistirahatkan badan dan piiran yang selama ini sudah dibebani oleh masalah pekerjaan.

Semoga tipsnya bermanfaat.

Comments