Tips Mengatasi Insomnia



Insomnia atau penyakit susah tidur banyak dialami oleh masyarakat modern seperti sekarang ini. Insomnia tentu saja sangat berpengaruh dengan kehidupan penderitanya. Mulai dari gangguan kesehatan karena kurang tidur sampai dengan masalah kerjaan karena setiap harinya bangun telat dan harus terburu-buru berangkat ke kantor. Akibat insomnia ritme hidup menjadi lebih tidak teratur.


sumber gambar: mclaughlinsmoak.com



Apa penyebab insomnia?
  • Insomnia paling banyak disebabkan oleh faktor psikologis. Selain itu faktor lain yang menyebabkan insomnia adalah suka begadang, stress masalah pekerjaan, sampai dengan konsumsi minuman berkafein yang terlalu banyak serta gangguan kesehatan lainnya.
Cara mengatasi insomnia
  1.   Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan semua peralatan elektronik dan gadget yang kita miliki sebelum tidur. Contohnya adalah dengan mematikan TV, laptop, maupun ponsel. Kebiasaan buruk yang banyak dilakukan banyak membawa gadget mereka ke tempat tidur. Karena saking asiknya bermain gadget tersebut, kita jadi mengulur-ulur waktu untuk tidur. Gadget sebenarnya tidak hanya mengganggu waktu tidur kita saja, tetapi gadget juga mengganngu organ tubuh kita seperti jantung dan organ seksual akibat radiasi yang ditimbulkan. Oleh karena itu jauhkan ponsel dari tubuh kita pada saat tidur.
  2. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung potasiun dan magnesium tinggi seperti kacang almond dan pisang. Selain itu pisang juga mengandung triptofan yang akan membuat kita tidur lebih cepat dan nyenyak karena hormon di otak kita akan lebih tenang.
  3. Tidur secara teratur dan hindari untuk bergadang. Bergadang atau tidur terlalu larut malam serta jadwal tidur yang tidak teratur akan membuat kita sulit tidur cepat di malam hari.
  4. Hindari tidur siang yang terlalu berlebihan
  5. Lakukan terapi musik brainwave pada malam hari menjelang tidur. Musik-musik tersebut akan membuat otak kita rileks dan mempercepat kita untuk bisa tidur
  6. Lakukan meditasi dan latihan pernafasan secara rutin. 
Selamat mencoba, semoga berhasil.

Comments