Tips Mengatasi Jerawat Secara Alami



Setiap orang pasti pernah mengalami masalah dengan yang namanya jerawat. Penyakit ini tidak hanya bermasalah pada saat meradang, pada saat sudah sembuh pun jerawat masih meninggalkan masalah. Yaitu bekas-bekasnya yang membuat kulit menjadi bopeng yang membuat tingkat kegantengan atau kecantikan kita sedikit berkurang.

sumber gambar: dailymail.co.uk

Jerawat sendiri disebabkan oleh banyak sekali faktor. Tidak hanya karena cara menjaga kebersihan kulit kita saja, tetapi banyak juga faktor yang ikut mempengaruhi munculnya jerawat di wajah cantik kita.

  • Faktor hormonal: Pada saat menjelang masa datang bulan, wanita biasanya akan bermasalah dengan yang namanya jerawat. Hal ini disebabkan oleh meningkat hormon progesteron yang bisa menyebabkan kulit menghasilkan minyal yang sangat berlebih. Hal ini tentu saja akan menghambat aliran darah karena penumpukan lemak yang menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. Sama seperti remaja yang sedang jatuh, peningkat hormon pada tubuhnya juga menyebabkan mudahnya timbul jerawat.
  • Faktor bakteri: bakteri akan berkembang biak dengan sangat pesat jika kita tidak menjaga kebersihan kulit dengan baik. Salah satunya adalah bakteri P. Acne yang merupakan penyebab utama jerawat. Bakteri ini akan berkembang didalam kelenjar sebeceaous yang terseumbat dan akan menyebabkan iritasi didalam kulit. Kelenjar yang tersebut akan terus membengkak didalam kelenjar dan kemudian akan pecah. Kejadian ini lah yang menyebabkan radang kulit dan menimbulkan jerawat batu yang lebih susah dihilangkan.
  • Faktor make-up: penggunaan make up yang berlebihan pada muka setiap hari juga bisa menimbulkan tumbuhnya jerawat. Apalagi jika pada malam hari lupa membersihkan make up tersebut. Selain memilih bahan make up yang aman untuk kulit, jangan lupa juga untuk membersihkan make up setiap malam menjelang tidur.
  • Faktor keturunan: faktor genetis atau faktor keturunan juga bisa berpengaruh terhadap timbulnya jerawat di wajah kita. Jika kita punya orang tua yang pada masa mudanya juga berjerawat, maka kemungkinan besar kita juga akan mudah terkena jerawat.
  • Faktor stress: Stress dan depresi akan menyebabkan terganggunya kesehatan dan metabolisme tubuh. Oleh karena itu jauhi stress dan perbanyak tertawa agar lebih bisa terhindar dari yang namanya jerawat. 
  • Faktor jenis kulit: orang yang mempunyai jenis kulit berminyak akan lebih mudah terkena jerawat daripada orang yang mempunyai jenis kulit kering. Karena kulit yang berminyak lebih banyak memproduksi minyak yang dapat menyumbat lemak sehingga menimbulkan jerawat. 

Nah kemudian bagaimana cara untuk menghindari jerawat agar tidak muncul di wajah kita?
Berikut ini adalah tips mengatasi jerawat secara alami.
  1.  Rajin berolahraga, karena dengan berolahraga racun yang ada dalam tubuh kita akan ikut keluar bersama dengan keringat yang dihasilkan saat berolahraga
  2.  Bersikap selalu tenang dalam menghadapi masalah untuk menghindari stress dan depresi
  3. Perbanyak minum air putih setiap hari. Asupan air putih yang cukup kedalam tubuh kita akan menjaga metabolisme tubuh kita tetap baik
  4. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin maupun serat
  5. Jangan sekali-kali memencet jerawat yang ada di wajah kita, apalagi jika tangan kita dalam keadaan yang kotor karena hal ini justru akan menyebabkan iritasi kulit dan peradangan
  6. Rutin membersihkan kulit jika terkena kotoran seperti debu, minyak maupun kotoran lain yang bisa menimbulkan jerawat
  7. Hindari begadang sampai larut malam setiap hari
  8. Kurangi jumlah rokok dan minuman yang mengandung kafein setiap hari
  9. Jangan memakai kosmetik menjelang tidur. Karena pada saat tidur itulah kulit kita sebenarnya sedang beristirahat dan melakukan peremajaan
  10. Cuci handuk dan helm yang kotor karena mungkin saja didalam benda tersebut terdapat banyak kuman yang bisa menimbulkan jerawat
  11. Rutin membersihkan muka dengan muka minimal 2 kali dalam sehari untuk mengurangi jumlah minyak yang ada di wajah kita
Jerawat yang sudah terlanjur tumbuh bisa diobati dengan beberapa bahan alami ini.
  • Bawang putih: Caranya adalah dengan melumatkan bawang putih lalu oleskan pada kulit yang tumbuh jerawatnya kurang lebih selama 20 menit lalu kemudian dibersihkan. Bawang putih mengandung zat anti koagulan yaitu anti pembekuan darah. 
  • Jeruk nipis: Buah yang satu ini bisa berfungsi untuk mengurangi kadar minyak di wajah kita sekaligus membersihkan sel-sel yang mati. Caranya adalah dengan memotong jeruk nipis menjadi 2 bagian untuk kemudian dioleskan di wajah kita
  • Jagung: Caranya adalah memarut jagung sampai halus untuk kemudian dijadikan sebagai masker. Biarkan selama kurang lebih 20 menit agar parutan jagung tersebut bisa bekerja lebih maksimal. Jagung mengandung vitamin A dan C yang berguna untuk mencegah jaringan parut di kulit dan membangun jaringan kulit baru.
  • Tomat: Caranya adalah memotong tomat menjadi beberapa bagian kecil dan kemudian mengoleskannya ke wajah kita. Tomat juga mengandung vitamin C dan A yang dapat mengatasi jerawat.
Semoga tipsnya bermanfaat ya.


Comments